Kelebihan Kapasitas Nyaris 1.000 Persen, Lapas Bagansiapiapi Jadi Penjara Terpadat di Indonesia

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, menjadi penjara terpadat di Indonesia. Ruangan yang seharusnya hanya ditempati 98 narapidana, kini malah diisi 993 warga binaan pemasyarakatan.

Ragam cara telah dilakukan agar Lapas itu tidak over kapasitas, salah satunya memindahkan narapidana ke penjara lain. Namun, langkah tersebut belum bisa mengurai over kapasitas Lapas sehingga Kemenkumham membangun bangunan baru.

Proyek Lapas Bagansiapiapi baru itu sudah berjalan. Pembangunannya terus digesa agar narapidana bisa hidup lapang di penjara.

Pejabat silih berganti datang meninjau pengerjaan agar sesuai aturan.

Setelah Sekretaris Ditjen Pemasyarakatan Heni Yuwono mengunjungi lokasi ini, kini, giliran staf khusus Menkumham Bidang Tranformasi Digital, Fajar BS Lase datang memastikan kemajuan pembangunan.

“Pembangunannya terus digesa, apalagi sudah mendekati akhir tahun anggaran,” kata Fajar, Rabu siang, 31 Agustus 2022.

Di lokasi, ada beberapa catatan dan masukan yang diberikan Fajar dan menjadikannya atensi. Dia memerintahkan laksanakan secepatnya dan jangan ditunda-tunda.

“Kita sudah dikejar waktu, tapi tetap utamakan kualitas pekerjaan,” pesan Fajar.

Sumber: https://www.liputan6.com/regional/read/5057208/kelebihan-kapasitas-nyaris-1000-persen-lapas-bagansiapiapi-jadi-penjara-terpadat-di-indonesia

Bagikan:

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram