Kurangi Over Kapasitas, 105 Warga Binaan Lapas Siji Malang Bebas

Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Timur membebaskan 105 orang warga binaannya diantaranya adalah bebas PB sejumlah 94 orang dan bebas Murni sejumlah11 orang.

Dasar pemberian Pembebasan Bersyarat kepada WBP tersebut berdasarkan dengan Undang-Undang No. 22 Tahun 2022 Tentang Pemasyarakatan yang memberikan kepada seluruh WBP untuk mendapatkan hak-hak bersyarat dan harus memenuhi syarat serta ketentuan yang berlaku di Lapas Kelas I Malang.

Staf Registrasi Lapas Kelas I Malang berpesan saat memberi SK Pembebasan Bersyarat kepada WBP “Pembebasan Bersyarat ini bukanlah bebas sepenuhnya, ada syarat dan ketentuan yang wajib diketahui. Bahwa teman-teman yang mengikuti program Pembebasan Bersyarat saat ini adalah menjalani sisa masa hukumannya dirumah/wajib lapor. Ada pihak Bapas, Kepolisian dan masyarakat sekitar, pun dengan yang bebas murni kami harap jangan pernah lagi melanggar aturan hukum yang berlaku,” ucap Kharisma.

“Undang-Undang No. 22 Tahun 2022 ini memberikan kemudahan bagi WBP terkait pemenuhan hak bersyarat. Tetapi dalam pelaksanaannya juga harus memenuhi persyaratan administratif dan persyaratan substantif, hal yang tidak kalah penting adalah jangan berbuat tindakan yang melanggar hukum dan meresahkan ditengah tengah masyarakat, tetap menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya,” ucap Kalapas Kelas I Malang dalam wejangannya.

Sumber: https://kumparan.com/humaslapasmalang/kurangi-over-kapasitas-105-warga-binaan-lapas-siji-malang-bebas-1zFlkHanF7m/full

Bagikan:

WhatsApp
Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram